Thursday, June 8, 2017

MENGENAL WINDOWS FIREWALL DAN KONFIGURASINYA

Firewall adalah aplikasi keamanan yang ada pada suatu jaringan. Firewall merupakan hal penting jika komputer selalu terhubung dengan internet. Firewall merupakan filter sekaligus pelindung sistem operasi dari berbagai kemungkinan adanya ancaman dari jaringan yang memasuki sistem.

Ada beberapa konfigurasi yang bisa di terapkan dalam mengatur Firewall pada Windows 7, Agar komputer kita aman dari ancaman luar. Pengaturannya juga cukup mudah mengingat Microsoft menyediakan user interface yang nyaman dan mudah bagi pengguna.
windtutorial akan berbagi tips konfigurasi firewall pada windows

Menghidupkan dan mematikan Firewall

Kita dapat mengaktifkan firewall dan non aktifkannya sesuai dengan kebutuhan. Jika kita aktif dalam jaringan atau internet, sebaiknya firewall di aktifkan untuk pertahanan windows. Untuk masuk ke konfigurasi firewall Buka Control Panel > All control panel items > Windows firewall.



Untuk menghidupkan atau mematikan Windows firewall, pilih bagian Turn Windows Firewall On or Off. Di sana ada bagian untuk Home or Work (private) network dan public network location. Kita bisa menentukan pada bagian mana Firewall akan diaktifkan sekaligus opsi notifikasi dan blocking koneksi.



Untuk home or work network kita bisa saja tidak menghidupkan firewall, tapi untuk public disarankan agar menghidupkan firewall.

Kontrol lalu - lintas data incoming dan outgoing pada Firewall

Keamanan koneksi di tempat umum memang rawan karena semua orang bisa mengakses jaringan yang tersedia. Sehingga untuk meningkatkan keamanan komputer kita, Bisa memilih opsi Block all incoming connections, Gunakan konfigurasi ini saat berada di tempat umum seperti restoran, kampus, atau hotel. Dengan begitu kita bisa melakukan chatting atau berkirim email dengan lebih aman.

Mengatur Program untuk Melalui Firewall

Kita bisa mengatur program  yang dapat beraktifitas melalui firewall, Karena secara default firewall melakukan blocking pada program yang akan melewati firewall, Dengan alasan keamanan. Pada bagian Windows Firewall, pilih Allow a program or feature through Windows Firewall.

Membuat daftar white list program

Di sana akan ada daftar program-program dan fitur Windows yang melakukan interaksi melalui firewall. Beri tanda centang pada program atau fitur yang diijinkan melewati firewall, dan beri tanda centang juga pada tipe jaringan yang digunakan. Masukkan password administrator kita jika ada permintaan verifikasi user terhadap perubahan sistem tersebut.

Mengontrol port pada firewall 

Setelah kita konfigurasi program dan fitur - fitur Windows mana saja yang dapat melalui Windows firewall, Sekarang kita akan melakukan konfigurasi pada port tertentu untuk bisa melewati firewall. Port tersebut bisa jadi dibutuhkan oleh aplikasi tertentu seperti game atau aplikasi lain yang berhubungan dengan jaringan. Untuk melakukannya, buka Advanced Setting pada window utama Windows Firewall.



Pada konfigurasi tersebut kita bisa membuat sebuah aturan firewall sesuai dengan keinginan kita. Pada panel kiri pilihlah bagian Inbound rules, selanjutnya pada panel kanan pilih New rule.



Nah, akan muncul opsi-opsi terkait pemberian aturan baru. Pilih salah satu yang kita butuhkan, lalu klik next untuk mengikuti instruksi selanjutnya.



Third-Party Firewall

Antivirus kebanyakan memiliki firewall sendiri, dan bisa juga mengambil alih Firewall bawaan windows. Ini tentu sebagai firewall alternatif sekaligus tambahan keamanan pada Windows kita, Karena firewall terintegrasi dengan baik bersama antivirus sehingga pengecekan keamanan seperti worm, malware, atau program mencurigakan di dalam jaringan bisa segera dideteksi dan ditindak lanjuti. Tidak ada salahnya jika kita menggunakan firewalljenis ini sebagai alat pengamanan Windows.

Keamanan pada windows sangat penting, Namun banyak dari pengguna yang mengabaikan sisi keamanan pada perangkatnya, jangan sampai menyesal di kemudian hari, lakukanlah antisipasi dari sekarang.


Demikian informasi tentang Mengenal windows firewall dan konfigurasi 
Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment