Thursday, June 8, 2017

JADIKAN WINDWOS 7 SEBAGAI HOTSPOT UNTUK SHARE KONEKSI INTERNET

Sekarang windtutorial akan berbagi tentang cara membangun jaringan hotspot di windows 7 untuk share koneksi internet, seperti yang sudah kita kenal jika di smartphone android adalah hotspot tethering, Mekanismen kerjanya pun kurang lebih sama dengan hotspot tethering Pada android dimana perangkat kita di setting menjadi Access Point mode, dan siapa pun bisa masuk dengan laptop atau smartphone mereka, Tentunya menggunakan password yg telah kita konfigurasi sebelumnya.

Berikut ini cara - cara2 untuk setup pada windows 7 kita, sebelum memulai proses pastikan notebook kita sudah terkoneksi dengan internet.


LANGKAH 1 : CARA MEMBUAT HOTSPOT DI WINDOWS 7



Pertama kita akan membuka cmd, Caranya masuk ke start menu klik logo windows, kemudian buka All Programs ----> Accessories ----> Pilih cmd dengan mengklik kanan lalu pilih Run As Administrator, Supaya kita dapat menjalankan cmd dengan mode administrator

LANGKAH 2 : CARA MEMBUAT HOTSPOT DI WINDOWS 7


Setelah cmd terbuka silahkan ketikan perintah seperti berikut :
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaWifianda key=PasswordWifianda
Pada SSID adalah nama hotspot anda, Dan pada tulisan "Namawifianda" silahkan ganti sesuka anda, Dan pada key adalah konfigurasi password, Silahkan ganti tulisan "passwordwifianda" dengan password yang anda inginkan, Harus terdiri dari minimal 8 digit gabungan huruf dan angka.
Contohnya seperti ini :



Pada tahap ini semua konfigurasi awal sudah berhasil, sekarang saatnya kita mengaktifkan fitur ICS ( Internet Connecting Sharing ), Untuk mengaktifkan hotspot kita.


Selanjutnya buka Control Panel dan pilih Network and Sharing Center untuk membuka jendela Network Connection. Kemudian klik kanan pada jaringan kamu yang sudah terkoneksi ke internet dan pilih Properties. Dalam contoh ini jaringan yang aktif dengan koneksi internet adalah “Local Area Connection”.




Setelah jendela Properties terbuka, pilh tab “Sharing”. Kemudian klik atau beri tanda centang pada checkbox untuk mengaktifkan fitur ICS. Dan pada “Home networking connection:” pilih jaringan dari Wireless Adaptor yang sudah terinstall yaitu “Wireless Network Connection 2”. Jika sudah, klik OK.




Konfigurasi jaringan sudah berhasil, Sekarang saatnya mengaktifkan jaringan wifi anda untuk mulai membuat hotspot. Kembali ke cmd, dan ketikkan perintah berikut lalu tekan Enter:
netsh wlan start hostednetwork

Jika konfigurasi sudah benar, maka jaringan wifi anda akan aktif, dan siapapun yang masuk dalam jangkauan dari jaringan wifi anda tersebut akan bisa terkoneksi dengan komputermu, termasuk menggunakan internet kamu juga,


Untuk menonaktifkan atau menutup jaringan WiFi ini, cukup dengan mengetikkannya kembali di cmd dengan perintah berikut kemudian tekan enter :
netsh wlan stop hostednetwork
Demikian informasi tentang CARA MEMBUAT HOTSPOT DI WINDOWS 7 TANPA SOFTWARE,
Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment