Thursday, June 8, 2017

CARA DUAL BOOT WINDOWS 8 DAN UBUNTU

Pada postingan kali ini windtutorial akan berbagi tentang cara membuat dual boot Windows 8.1 dan Ubuntu, Cara ini lebih baik untuk Ubuntu versi 12.10 ke atas, Dan pastikan Windows sudah terinstall terlebih dahulu, Satu lagi............ sebelum anda memulai proses jangan lupa untuk membackup dulu semua data dan settingan windows 8 anda.


1. SIAPKAN RUANG DI HARDDISK
Kita harus menyiapkan partisi kosong , kita bisa buat partisi di windows 8 , disarankan untuk size partisi untuk ubuntu minimal 30gb.

2. SIAPKAN OS UBUNTU
Siapkan dvd Ubuntu, bisa download kemudian di Burning file isonya ke dvd, atau kita bisa membuat bootable via USB untuk tutorialnya bisa browsing di inet


3. JALANKAN LIVE USB UBUNTU



Sekarang masukan media (DVD/USB) anda yg sudah ada ubuntu di dalamnya, Kemudian atur biosnya dan ganti untuk booting ke media DVD/USB, Kemudian akan ada 2 pilihan yang muncul "try ubuntu dan install", Di sini kita pilih "Try Ubuntu".

"Pada tutorial ini akan berbeda dari biasanya, Di pilihan ini kita tidak memilih install, Melainkan memilih Try ubuntu, Karena nantinya kita akan bisa lebih sempurna dalam proses penginstallan, kenapa saya sebut sempurna ? karena pada proses ini kita menginstall sekaligus update ke Ubuntu yang paling akhir di tambah dengan menginstall Driver - driver yang ter up to date seperti driver VGA, WIFI, FLASH, AUDIO dll"

4. INSTALL UBUNTU ALONGSIDE WINDOWS 8


Sebelum menjalankan installer Anda perlu terhubung ke internet. Jika Anda terhubung ke router melalui kabel ethernet, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya karena Anda akan terhubung secara otomatis ke internet. Namun jika Anda terhubung tanpa kabel ke internet, Anda dapat terhubung ke jaringan dengan mengklik ikon jaringan di sudut kanan atas layar. Daftar jaringan nirkabel yang tersedia akan muncul. Pilih jaringan dan masukkan kunci keamanan.

5. MULAI PROSES INSTALLASI



Jalankan installer Ubuntu dengan mengklik ikon "Install Ubuntu" di desktop. Installer Ubuntu sekarang akan mulai. Sekarang Wizard penginstalan Ubuntu menjadi semakin simpel, Hanya ada 6 langkah untuk proses installasinya.
- Yang pertama adalah memilih bahasa instalasi.
- Scroll ke bawah pada daftar yang tersedia, sampai anda menemukan bahasa yang sesuai
- Dan klik lanjutkan.

6. CARA INSTALLASI UBUNTU DENGAN PAKET KOMPLIT



Di wizard selanjutnya ada 2 kotak centang.:
- Install updates during the installation
- Install third party softwareSaya sarankan untuk centang di kedua kotak.
Pembaruan akan memastikan versi Ubuntu Anda up to date saat pemasangan berlangsung dan bisa kita pastikan pula untuk update keamanan pun akan segera diterapkan.
software third party juga akan menginstal driver untuk perangkat ubuntu kita
Klik "Continue" untuk pindah ke wizard selanjutnya

7. PILIH INSTALL UBUNTU ALONGSIDE WINDOWS 8



Setelah beberapa saat, layar akan muncul dengan pilihan seperti gambar di atas, karena kita ingin install dual boot maka kita memilih "Install Ubuntu alongside Windows Boot Manager".
Apabila kita hanya ingin install ubuntu saja dan ingin menghapus windows 8, Maka kita harus memilih
"Erase Disk and Install Ubuntu". Jika kita sudah memilih "Install Ubuntu alongside Windows Boot Manager" Sekarang kita lanjutkan dengan klik install now.

8. PILIH LOKASI ANDA


Setelah memilih jenis instalasi Anda akan melihat gambar peta.
Anda harus memilih lokasi Anda dengan mengklik peta tempat Anda berada atau dengan memasukkan lokasi pada kotak yang tersedia. Klik "Continue" untuk pindah ke langkah berikutnya.

9. PILIH LAYOUT PADA KEYBOARD ANDA


Langkah selanjutnya adalah memilih tata letak keyboard Anda.
panel kiri pilih bahasa keyboard Anda dan kemudian panel kanan pilih layout keyboard.
Jika Anda tidak yakin, Anda bisa mengklik tombol "Detect keyboard layout" dan Anda dapat mengetes kunci yang benar dengan mencobanya di kotak tes yang tersedia.
Klik "Continue" untuk pindah ke langkah terakhir.

10. MEMBUAT DEFAULT USER



Langkah terakhir adalah membuat default user. Anda dapat menambahkan pengguna lebih lanjut di kemudian hari. Masukkan nama Anda di kotak yang tersedia dan kemudian masukkan nama untuk komputer Anda. Nama komputer akan menjadi nama komputer seperti yang akan muncul di jaringan. Anda sekarang harus memilih username yang akan Anda gunakan untuk login ke Ubuntu. Kemudian masukkan kata sandi dan ulangi untuk memastikan Anda mengetikkannya dengan benar. Ada dua menu di bagian bawah layar:
"Log in automatically dan Require my password to log in". Sangat disarankan untuk memilih "Require my password to log in" karena pentingnya keamanan.


Demikian informasi tentang CARA DUAL BOOT WINDOWS 8 DAN UBUNTU,
Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment