Thursday, June 8, 2017

CARA MEMPERCEPAT STARTUP WINDOWS 10




Setiap pengguna PC/Notebook pasti mendambakan sebuah device yang bisa mampu startup dengan sangat cepat, Waktu startup yang diinginkan tidak selalu terpenuhi saat pengguna komputer Windows 10 memulai komputer mereka. Tapi kabar baiknya adalah, bahwa OS terbaru dari Microsoft ini memiliki fitur manajer aplikasi startup yang mudah digunakan, yang mampu memberi tahu Anda program mana yang memperlambat startup pada system windows 10 anda.

Berikut ini windtutorial akan berbagi tips konfigurasi windows 10 agar dapat startup dengan lebih cepat, sehingga dapat membantu kegiatan anda sehari - hari dalam beraktifitas  dengan perangkat anda.

Cara Mengakses Windows 10 Startup Manager

1.Untuk mengakses Startup Manager, klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager. Setelah terbuka, Anda akan secara otomatis dibawa ke Proses yang sedang berjalan. Anda akan menemukan Tab Startup.


2. Klik pada tab Startup untuk melihat daftar semua program yang mempengaruhi startup PC. Kolom terakhir di sebelah kanan adalah kolom Dampak Startup yang menunjukkan seberapa tinggi dampaknya. sebuah program membebani saat startup, sedang atau rendah pengaruhnya. Jika ada program baru, mungkin dampaknya masih akan menampilkan "Not Measured" yang berarti program ini sangat baru, sehingga Windows 10 belum ada kesempatan untuk melakukan parameter pada program ini


3. Pilih program mana yang akan dimatikan saat boot komputer Anda. Klik pada program yang akan di matikan dan pilih tombol "Disable" di pojok kanan bawah atau klik kanan pada program dan pilih untuk menonaktifkannya.

NOTE: Pertimbangkan untuk mematikan beberapa program yang diinstal produsen karena beberapa di antaranya (tapi tidak semua) tidak diperlukan dan hanya memperlambat PC. Tidak semua program ini akan terlihat saat startup PC. Bagaimana cara mengetahui program mana yang sedang berjalan saat startup? Terkadang sudah jelas karena program akan menambahkan icon di area notifikasi.

Sebelum menonaktifkan salah satu program tersebut, pastikan mereka tidak diperlukan karena beberapa mungkin berguna. Untuk menemukan informasi tentang apa yang dilakukan program pabrikan ini, klik kanan pada program dan pilih pencarian secara online. Windows menawarkan panduan informasi tentang program mereka yang akan berguna bagi Anda.

Cara Aktifkan Fast Startup 

Menurut  saya saran pertama tentang cara mempercepat startup pada Windows 10 yang paling mudah dan sangat membantu adalah fitur  Enabling Fast Startup. Untuk cara penggunaannya adalah sebagai berikut :

  •  Klik pada menu Start dan masuk ke "Settings." Di bar pencarian di sudut kanan atas, ketik "Power  Options."
  • Sesampai di sana, klik “Choose what the power buttons do.”


  • Di bawah "Define Power Buttons dan Turn on Password Protection," klik "Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia" (ditunjukkan dengan warna biru).


  • Di bawah "Shutdown Settings" aktifkan Fast Startup for Windows 10 di bawah pengaturan Shutdown. Centang kotak "Turn on Fast Startup" dan klik Save.


Untuk mematikan Fast Startup hapus centang pada kotak "Turn on Fast Startup" dan tekan save


Demikian informasi tentang Cara Mempercepat Startup Windows 10
Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment